Penyebab Osteoarthritis

Penyebab Osteoarthritis – Secara garis besar penyakit Osteoartritis (Artritis Degeneratif, Penyakit Sendi Degeneratif) dapat di artikan sebagai suatu kondisi yang menyebakan kekauan dan nyeri sendi akibat menipisnya tulang rawan (kartilago) sendi dan tulang di sekitarnya.

Penyebab Osteoarthritis

Penyebab Osteoarthritis

Penyakit Osteoarthritis

Osteoartritis bisa terjadi pada siapa saja baik itu laki-laki,perempuan dan anak-anak. Pada anak-anak Osteoartritis biasanya terjadi karena kelebihan berat badan(gemuk),anak mengalami cedera serta kekurangan Nutrisi.Hal-hal tersebut bisa mengakibatkan pertumbuhan tulang rawannya tidak sempurna dan mengalami kelainan.Pada Pria, Osteoartritis bisa terjadi pada usia muda tetapi pad umumnya penyakit ini terjadi pada usia 70 tahun keatas.

Pengapuran sendi atau yang sering disebut dengan Osteoartritis merupakan suatu penyakit yang Penyebab Osteoarthritis oleh penipisan dan kemunduran fungsi lapisan tulang rawan sendi. Kebanyakan Osteoartritis terjadi pada sendi lutut dan pinggul. Sampai sejauh ini tidak diketahui apa panyebab pasti dari Osteoartritis tersebut, namun diyakini bahwa Osteoartritis merupakan bagian dari proses penuaan.

Faktor resiko Penyebab Osteoarthritis antara lain:

  1. Wanita berusia lebih dari 45 tahun
  2. Overweight (kelebihan berat badan atau obesitas)
  3. Sering melakukan aktifitas fisik yang berlebihan
  4. Menderita penyakit rematik
  5. Kelemahan otot paha
  6. Pernah mengalami patah tulang di sekitar sendi lutut atau panggul

Meskipun biasanya Penyebab Osteoarthritis timbul dari trauma, osteoarthritis sering mempengaruhi beberapa anggota keluarga yang sama, menunjukkan bahwa ada turun-temurun kerentanan kondisi ini. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa ada prevalensi yang lebih besar dari penyakit antara saudara kandung dan terutama kembar identik, yang menunjukkan dasar keturunan. Sampai dengan 60% dari kasus osteoarthritis diperkirakan akibat dari faktor genetik. Para peneliti juga menyelidiki kemungkinan alergi, infeksi, atau jamur sebagai penyebab.

Osteoarthritis terutama menyerang sendi-sendi yang mendukung berat badan yaitu pinggul, pinggan g bawah, paha, lutut dan sedndi-sendi ibu jari kaki. Selain itu, dapat juga menyerang daerah bawah leher bagian belakang dan tulang punggung (spondilosis), serta pangkal ibu jari pergelangan tangan. Osteoarthritis pada jari tangan yang ditandai dnegan benjolan kecil pada sendi antara ruas jari tangan paling ujung (distal) disebut dengan nodus heberden. Nodus heberden lebih lazim terdapat pada wanita, bersifat gentik atau diturunkan dari orang tua yang terkena osteoarhritits. Pada laki-laki dapat terjadi jika kedua orang tuanya terkena osteoarhritis.

Meski secara umum Penyebab Osteoarthritis belum diketahui secara pasti, tetapi berhubungan dengan proses penuaan, berupa hasil dari faktor metabolisme, genetik, kimiawi dan mekanik. Faktor risiko lain adalah kegemukan (obesitas) dan luka kecelakaan. Penyakit ini memburuk keadaannya sejalan dengan pertambahan usia.

Pemeriksaan Osteoarthritis

Selain pemeriksaan fisik atau gambaran klinis, untuk mendiagnosa osteoarhritis dapat menggunakan sinar X. Pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat kelainan bentuk sendi, penggabungan sendi, dan timbunan tulang.

Penanganan nyeri sendi OA yang dilakukan pada penyait osteoarthritis adalah pada stadium awal, maka biasanya dilakukan penanganan dengan cara pemberian obat osteoarthritis dalam bentuk suntikan.Namun untuk pemberian obat osteoarthritis ini bukan diberikan untuk stadiym lanjut. Untuk kasus penyakit osteoarthritis dengan stadium 3 dan 4 maka biasanya sudah tidak ada lagi tempat yang bisa mendapatkan suntikan. Dan jika hal ini dilakukan maka akan sama saja nol dan tidak ada hasilnya. Bahkan efek yang dihasilkan malah tidak bagus.

Sebelum memberikan obat osteoarthritis dalam bentuk suntikan, pertama-tama yang dilakukan adalah harus mengetahui lebih dulu mengenai bahan yang akan disuntikkan tersebut. Dan umumnya suntikan yang akan disuntikkan adalah jenis asam herononik atau herononik acid. Ini merupakan nama generik, namun untuk obatnya sendiri bermacam-macam. Selain itu juga bahan baku dari pembuatan obat osteoarthritis ini berbeda-beda, ada yang terbuat dari jengger ayam, bahan organik dan juga terbuat dari bahan sintetik. Tujuan dari penyuntikkan obat osteoarthritis ini diberikan adalah untuk membantu menambah cairan. Cairan yang ada di dalam lutut yang normal itu sebenarnya tetap ada. Nama cairan ini adalah cairan sinofium yang biasanya dihasilkan dari sinufum-sinufum yang terdapat pada kapsul sendi. Fungsinya sendiri adalah sebagai pelumas alami yang membantu membuat sendi kita bisa bergerak dengan lebih halus. Cairan ini juga bisa berlebihan. Jika mengalami radang, kadang jumlah cairan ini meningkat. Dan jika sedang dalam keadaan berlebihan sebaiknya jangan mendapatkan suntikan, malah sebaiknya adalah disedot. Anda tidak usah takut kering, karena cairan ini tidak akan kering.

Kemudian cairan yang disuntikkan tersebut harus masuk ke dalam sendi yang ditujukan. Dan jika cairan ini tidak masuk ke dalam sendi yang dimaksud maka akan sia-sia saja. Biaya dari harga asam ini sendiri cukup mahal dalam setiap cure-nya. Dan pada setiap pasien bisa menjalani jumlah suntikan yang berbeda-beda, ada yang mendapatkan sekitar 2-3 suntukan. Semua tergantung dari jnenis asam yang akan dimasukkan. Karena merknya bermacam-macam, misalnya adalah merk A dan diharus disuntikkan selama paling tidak 5 kali, kerjanya memang bagus dan begitu juga dengan jenis lainya. Asalnya juga berbeda, serta berat dan juga jenis molekul yang terkandung di dalamnya juga berbeda, sehingga ada yang membutuhkan suntikan sebanyak 5 kali, ada yang perlu diberikan seminggu sekali. Cairan ini juga harus benar-benar masuk ke dalam sendi, jika tidak maka akan menimbulkan efek samping yang bisa menimbulkan rasa nyeri dibagian lutut.

Penyebab Osteoarthritis


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Osteoarthritis dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Osteoarthritis and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *