Pengobatan Osteoarthritis

Pengobatan OsteoarthritisOsteoarthritis (OA) adalah penyakit sendi yang terbanyak memberi keluhan nyeri dan disabilitas (keterbatasan gerak). Di Amerika Serikat tercatat 40 juta penduduk menderita OA, di Inggris ada sekitar 20 juta penduduk, sedangkan di Indonesia datanya masih gelap.

Penyakit Osteoarthritis

Definisi OA menurut  Prof. DR. Dr. Harry Isbagio, SpPD-KR, KGer adalah penyakit sendi kronik, ditandai denga degenerasi tulang rawan sendi artikuler dan tulang sekitarnya sehingga menyebabkan nyeri sendi, kaku sendi dan instabilitas. OA menimbulkan keluhan lebih berat pada perempuan. Awal proses terjadinya OA memiliki dua mekanisme berbeda. Pertama, rawan sendi yang tadinya normal mengalami kerusakan akibat mendapat tekanan lebih dari normal. Kedua, rawan sendinya memang abnormal. Kejadian yang pertama lebih sering daripada yang kedua.

Pengobatan Osteoarthritis

Pengobatan Osteoarthritis

Bila dulu perjalanan penyakit osteoarthritis adalah suatu proses degeneratif sehingga banyak dijumpai pada usia tua, saat ini hal tersebut sudah tidak berlaku lagi. Dr. Zuljasri Albar, SpPD-KR menjelaskan, perjalanan penyakit OA terbaru adalah adanya inflamasi. Peranan inflamasi dalam menimbulkan OA sangat besar sehingga makin banyak ditemui OA pada usia muda. Inflamasi yang dimaksud adalah inflamasi lokal ringan yang berlangsung lama sehingga menyebabkan kerusakan pada rawan sendi.

Identifikasi sumber nyeri dan gejala OA, kata Harry Isbagio sangat penting untuk menentukan langkah pengobatan. Nyeri pada osteoarthritis yang sebagian besar berasal dari proses inflamasi, juga dapat berasal dari peningkatan tekanan intrameduler, mikrofraktur subkondral, osteofit, spasme otot dan kontraktur. Terjadinya proses nociceptoin (rangsang  serabut myelin kecil atau tanpa myelin) dalam sendi dan jaringan sekitarnya pada bagian sendi dan jaringan sekitarnya pada bagian sendi dan jaringan yang mengandung banyak nociceptor (kapsul sendi, ligament, sinovium, tulang dan bagian luar meniscus lutut) dapat menimbulkan nyeri.

Pengobatan Osteoarhritis

Tujuan pengobatan osteoarthritis adalah menghilangkan nyeri, memelihara fungsi sendi, dan pencegahan terjadinya proses destruktif. Saat ini belum ada obat yang menyembuhkan osteoarthritis. Obat untuk OA yang tersedia hanya untuk mengurangi rasa nyeri, menjaga dan mempertahankan mobilitas, dan mencegah terjadinya efek racun obat.

Pengobatan Osteoarthritis terdiri pengobatan non-farmakologik seperti edukasi pasien dan keluarga, fisioterapi, dan rehabilitasi, penurunan berat badan dan mobiltas lainnya. Pengobatan farmakologik meliputi pemberian obat osteoarthritis penggunaan asetaminofen, OAINS tradisional dan COX-2 spesific inhibitor, opiat, tramadol, suntikan intra-artikuler glukortiroid dan viscosuplemen. Bila ada indikasi dapat dilakukan tindakan bedah.

Obat Osteoarthritis ada yang bersifat DMOA (Disease Modifying Drugs for OA) dan SYSDOA (System Modifying Drugs for OA). Ideal adalah obat Osteoarthritis DMOA karena mampu mencegah dan menghambat perjalanan penyakit OA sedangkan SYSDOA hanya untuk mengatasi nyeri. “ sayangnya saat ini beum ada obat OA yang benar-benar memenuhi kriteria sebagai DMOA.”

Obat Osteoarthritis yang Terbaru

Terobosan terbaru SYDOA adalh obat tropikal yang mengandung cetylated essential fatty acid-EFAC dikombinasi dengan mentol. Asam lemak diketahui memiliki zat lain dalam menekan proses inflamasi melalui inhibisi 5-lipooxygenasse dan beberapa sitokin. Sehingga kombinasi dari kandungan EFAC efektif mengurangi nyeri, meningkatkan fungsi sendi dan kualitas hidup pasien OA. Cara penggunaan EFAC hanya dengan dioleskan merata di daerah sendi yang terasa nyeri, 2-3 kali sehari. Efeknya dapat dirasakan dalam 30 menit.

Secara statistik, penderita dari penyakit osteoarthritis sendiri terjadi pada usia diatas 45 tahun. Kebanyakan pada pria biasanya terjadi kurang dari usia 55 tahun dan lebih banyak mengalami hal ini dibandingkan wanita. Namun pada usia diatas 55 tahun kebanyakan wanita biasanya mengalami hal ini. Walau bagaimanapun juga, wanita merupakan salah satu resiko mengalami penyakit osteoarthritis paling tinggi dibandingkan oleh pria. Hal ini kemungkinan disebabkan karena pada bagian panggul wanita biasanya lebih besar dibandingkan oleh pria dimana lutut menahan bagian beban tadi. Jika penyakit osteoarthritis ini menyerang pada pasien yang usianya lebih muda, hal ini kebanyakan disebabkan karena cedera saat melakukan olahraga atau juga mengalami obesitas pada anak.

Pengobatan osteoarthritis yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah adalah dengan melakukan beberapa hal berikut ini :

  1. Istirahat
    Anda bisa istirahat selama beberapa menit untuk membuat rileks pada sendi yang sakit. Namun sebaiknya jangan terlalu lama, karena hal ini malah akan membuat otot-otot menjadi semakin lemah dan malah membuat nyeri menjadi semakin parah.
  2. Obat penghilang rasa nyeri
    Obat osteoarthritis yang digunakan adalah obat penghilang rasa nyeri. Obat ini banyak ditemukan di pasaran bebas. Dan bisa dihindari selama penggunaan jangka panjang karena akan membuat lambung mengalami luka, bisa membuat ginjal rusak dan meningkatkan resiko dari terjadinya serangan jantung.
  3. Mengurangi berat badan
    Jika penyebab dari osteoarthritis adalah karena berat badan yang berlebihan, maka cara mengatasinya adalah dengan menurunkan berat badan untuk mengurangi beban yang menopang sendi tersebut.
  4. Melakukan fisioterapi atau olahraga
    Otot yang kuat dan juga sudah terlatih dengan baik bisa membantu menanggung berat badan kita dan juga bisa membantu mengurangi terjadinya nyeri sendi yang terjadi dalam jangka waktu panjang, walaupun rasa nyeri ini biasanya akan muncul pada fase awal fisioterapi.
  5. Kompres dengan air dingin atau hangat
    Anda bisa mengompres dibagian yang sakit. Jika sendi sedang sakit, Anda bisa mengompresnya untuk membantu mengurangi rasa sakit yang muncul.

Pengobatan Osteoarthritis


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Osteoarthritis dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Osteoarthritis and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *