Obat Osteoarthritis

Obat Osteoarthritis – Pengobatan untuk osteoarthritis harus dilakukan untuk membantu mengurangi gejala seperti nyeri. Lebih dari itu, untuk menjaga kerja persendian agar bisa leluasa bergerak. Jika nyeri dibiarkan berkepanjangan bisa memperparah kondisi, bahkan membuat ligamen, tendon, dan otot melemah dan kaku. Terapi obat-obatan biasanya diberikan untuk OA yang masih dalam tahap ringan.

 Obat Osteoarthritis

Obat Osteoarthritis

Penyakit Osteoarthritis

Sebelum menjelaskan lebih lanjut mengenai obat osteoarthritis, maka ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu seputar penyakit osteoarthritis.

Penyakit Osteoarthritis adalah salah satu jenis penyakit rematik yang saat ini banyak dialami oleh penduduk di dunia. Kejadian ini menyerang bagian sendi, namun biasanya sendi yang mengalami serangan adalah bagian sendi lutut, panggul, bagian tulang belakang serta dibagian jari-jari tangan. Penyakit osteoarthritis sendiri berhubungan erat dengan terjadinya proses penuaan, namun masih ada faktor lainnya yang bisa mempengaruhi penyakit ini terjadi, misalnya adalah cidera riingan yang terjadi secara berulang dibagian sendi tertentu.

Berbagai penyebab osteoarthritis adalah :

  1. Akibat faktor genetik
  2. Metabolik
  3. Traumatik
  4. Faktor usia

Faktor dari resiko penyakit osteoarthritis sendiri dibagi menjadi beberapa hal misalnya adalah :

  1. Faktor resiko kejadian
  2. Faktor resiko progresivitas
  3. Faktor berat OA

Biasanya pada kejadian ini dipengaruhi karena faktor lingkungan dan juga latar belakang faktorn genetik yang bisa terjadi dengan bervariasi. Selain itu bisa membuat kejadian dari penyakit osteoarthrisi menjadi lebih kompleks. Dan perbedaan dari faktor resiko untuk lokasi sendi, dimana faktor dari resiko terjadinya penyakit ini biasanya berbebda dengan yang lain.

Tanda dan gejala pada penyakit nyeri sendi osteoarthritis adalah :

  1. Nyeri sendi
  2. Nyeri sendi atau radang sendi akan terasa disaat melakukan suatu kegiatan atau aktviitas fisik
  3. Kaku sendi dan keterbatasan dalam bergerak
  4. Biasanya kejadian ini akan berlangsung paling tidak selama 15-30 menit dan akan muncul setelah istirahat atau juga disaat sedang memulai aktivitas fisik
  5. Peradangan atau pembengkakan
  6. Sinovitis sekunder, terjadinya penurunan pada pH jaringan, pengumpulan pada cairan yang ada di dalam ruang sendi yang bisa memunculkan terjadinya pembengkakan dan juga peregangan simpai sendi yang pada akhirnya akan menimbulkan rasa nyeri
  7. Mekanik
  8. Nyeri yang biasanya kebanyakan akan dirasakan setelah melakukan aktivitas atau kegiatan fisik yang terlalu lama dan kemudian akan berkurang disaat waktu beristirahat. Kemungkinan adanya suatu hubuungan dengan penyakit yang lebih lanjut dimana terjadinya rawan sendi setelah sendi mengalami kerusakan yang berat. Selain itu nyeri sendi biasanya terjadi pada lokasi sendi yang terkena namun bisa menjalar.
  9. Pembengkakan yang terjadi pada sendi
  10. Pembengkakan sendi ini adalah salah satu bentuk dari reaksi peradangan akibat dari pengumpulan cairan yang ada di dalam ruang sendi dan biasanya akan teraba panas namun tanpa adanya suatu pemerahan
  11. Deformitas
  12. Yang diakibatkan karena distruksi lokasi pada rawan sendi
  13. Gangguan pada fungsi
  14. Muncul akibat dari ketidakserasian pada tulang dan juga sendi.

Jika Anda merasakan nyeri atau juga merasakan kaku pada saat Anda sedang menggerakkan sendi Anda dan biasanya keluhan yang Anda rasakan ini terjadi selama 6 bulan, maka kemungkinan Anada menderita penyakit osteoarthritis.

Sayangnya kebanyakan pasien datang berobat sudah dalam keadaan lanjut atau grade tiga, yang umumnya memerlukan tindakan opoerasi. Karena pasien seringkali menolak operasi, akhirnya diatasi dengan penanganan OA untuk grade satu dan dua, ditambah fisioterapi. Kalau tulangnya sudah salin bersentuhan, bertemu satu sama lain, tak ada cara lain selain operasi.

Pengobatan Osteoarthritis

Untuk OA grade satu dan dua, pengobatan dengan pemberian Obat Osteoarthritis asam hyaluronat endogen, mengurangi kerusakan sel, menekan inflamasi dan lainnya. Suntikan hyaluronat harus diulang setiap enam bulan sekali dan harganya lumayan mahal. Hal ini sering menjadi hambatan bagi pasien, sehingga tidak patuh berobat. Padahal jika ini tidak kita lakukan, kondisi akan berlanjut semakin parah dan pasien harus menjalani operasi.

Obat Osteoarthritis meliputi asetaminofen untuk meredakan nyeri, antiinflamasi nestoroid untuk meredakan nyeri, demam, dan bengkak. Ada pula suntikan steroid pada persediaan untuk mengurangi bengkak, suntikan hyaluronat untuk meredakan nyeri. Kadang juga perlu antideporesan dan opioid untuk mereakan nyeri yang parah. Selain Obat Osteoarthritis minum, tersdia pula obat topikal atau krim yang dioleskan untuk mengurangi nyeri.

Seperti kebanyakan obat, dibalik manfaat, tentu ada efek sampingnya. Obat antiinflamasi nonsteroid  misalnya, dapat menyebabkan iritasi pada perut dan bila dikonsumsi berkepanjangan bisa mempengaruhi fungsi ginjal. Obat Osteoarthritis ini juga bisa berkaitan dengan gangguan serius pada pencernaan, termasuk tukak (luka) di usus. Lansia yang memiliki riwayat pendarahan pada pencernaan, harus hati-hati menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid.

Obat penghambat COX-2 juga sering digunakan untuk menangani OA. Obat ini membantu mengurangi peradangan yang terjadi dan lenih sedikit menyebabkan efek samping pada pencernaan, meski bisa juga menyebabkan reaksi yang tidak nyaman pada pasien. Asetaminofen adalah pereda nyeri, tetapi tidak hanya mengurangi pembengkakan. Dibandingkan antiinflamasi nonsteroid, efek samping yang ditimbulkan terhadap pencernaan, lebih sedkit. Namun, pasien dengan penyakit liver, masih mengonsumsi alkohol, atau mengonsumsi obat pengencer darah, harus berknsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

 Obat Osteoarthritis


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Osteoarthritis dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Osteoarthritis and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.