Latihan Terapi Osteoarthritis

Latihan Terapi Osteoarthritis – Kalau sudah terkena nyeri sendi siapa yang tahan? Badan serasa ditusuk-tusuk jarum. Aktivitas pun jadi terganggu. Beberapa latihan ringan akan memperingan siksa itu.

Latihan Terapi Osteoarthritis

Latihan Terapi Osteoarthritis

Penyakit Osteoarthritis

Osteoarthritis (OA) adalah suatu penyakit degeneratif yang menyerang lapisan tulang rawan sndi dan sebabkan peradangan sendi sehingga dapat meninbulkan nyeri dan kerusakan sendi. hal ini terjadi akibat pengapuran pada sendi, berbeda dengan penyakit osteoporosis. Gejala pada osteoarthritis timbul secara bertahap. Awalnya kelainan berupa nyeri dan kekakuan sendi. Sendi-sendi seperti sendi tulang belakang, panggul, lutut, sendi telapak kaki adalah bagian yang paling sering terkena osteoarthritis. Nyeri dapat bersifat ringan, sedang atau berat sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jika penyakit nyeri sendi iniĀ  berlanjut, maka makin lama sendi akan makin sulit untuk digerakan dan pada akhirnya akan terhenti pada posisi tertekuk atau mengalami deformitas (perubahan struktur sendi). Osteoarthritis atau radang sendi lutut biasanya terjadi pada orang yang berusia di atas 40 tahun, frekuensi meningkat pada usia di atas 60 tahun. Meski tak tertutup kemungkinan bisa terjadi pada usia muda.

Pengobatan Osteoarthritis

Salah satu terapi fisik untuk pemulihan osteoarthritis adalah senam ringan. Tujuannya untuk memperbaiki kebugaran jasmani secara umum dan memperbaiki kebugaran otot sekitar sendi yang mengalami osteoarthritis. Selain itu penderita oesteoarthritis juga melakukan latihan-latihan untuk memperkuat ototnya. Latihan ini untuk meningkatkan kemampuan otot agar bisa tetap berfungsi menggerakkan sendi, mempertahankan ketahanan otot, meningkatkan kemampuan koordinasi gerakan sendi dan kemampuan luas gerak sendi, serta mencegah perburukan deformitas.

Berikut ini ada beberapa latihan atau senam ringan yang dapat membantu dalam pemulihan osteoarthritis sebagai latihan terapi osteoarthritis, diantaranya adalah :

Latihan terapi osteoarthritis untuk gerakan lutut

  1. Pergelangan kaki digerakan ke arah kepala
  2. Satu kaki ditekuk, 1 kaki diangkat 20 cm dnegan pergelangan kaki digerakan ke arah kepala, lakukan secara bergantian
  3. Pergelangan kaki digerakan ke arah kepala, lakukan secara bergantian
  4. Satu kaki posisi tidak boleh berubah, angkat satu kaki sekitar 80-180 derajat dengan pergelangan kaki digerakan ke arah kepala. Lakukan secara bergantian.

Latihan terapi osteoarthritis untuk menaikkan bahu dan mengangkat dua kaki

  1. Berbaringlah tengkurap pada matras dengan kaki rapat. Letakkan tangan di belakang tubuh. Lalu letakkan punggung tangan kanan Anda di telapak tangan kiri dan posisikan di atas bokong. Kencangkan otot perut dan tari tulang ekor ke dalam dan bernapaslah dengan teratur.
  2. Tarik napas dan angkat bahu. Pada saat yang bersamaan, tarik tulang ekor ke depan. Biarkan kepala dan leher mengikuti gerakan bahu. Tetapi wajah tetap mengarah ke bawah. Tahan, bernapaslah normal, lalu turunkan tubuh Anda sambil membuang napas. Ulangi 4 sampai 5 kali dan diselingi dengan istirahat diantara setiap gerakan. Lama kelamaan Anda akan bisa meningkatkan jumlah gerakan sampai sepuluh kali. Dan akhiri latihan dengan gerakkan menekukkan lutut.
  3. Mengangkat dua kaki: cara latihannya adalah berbaring dengan lengan disamping, telapak tangan menghadap ke atas, dan wajah pada matras menghadap samping. Kencangkan perut, tarik napas dan angkat kedua kaki secara berbarengan dari lantai mulai dari pinggul. Tahan selama beberapa saat, lalu turunkan kaki sambil membuang napas. Relaks. Ulangi empat atau lima kali (terus tingkatkan sampai sepuluh kali) dan akhiri dengan gerakan menekuk lutut.
  4. Mengangkat bergantian. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara berbaring tengkurap dengan lengan disamping, perlahan naikan kedua kaki. Lalu turunkan kaki kembali ke matras dan rileks. Putar kepala hingga wajah menghadap matras, kemudian angkat bahu, lengan tetap disamping dan telapak tangan menghadap ke atas. Tahan beberapa saat lalu turunkan dan rileks. Ulangi gerakan mengangkat bergantian sebanyak 4-5 kali, lalu lakukan gerakan menekuk lutut beberapa kali.

Obat Osteoarthritis

Pemberian obat osteoarthritis biasanya diberikan untuk membantu menurunkan atau mengurangi rasa nyeri dan membantu meningkatkan terjadinya perluasan pada gerakan sendi sehingga membantu meningkatkan kualitas hidup si penderita. Pemberian obat osteoarthritis sendiri biasanya lewat edukasi pada pasien untuk bisa terus menjaga dan memelihara kesehatan persendian mereka dengan cara mengetahui seluk beluk pada penyakit osteoarthritis. Misalnya adalah dengan cara melakukan olahraga yang ringan, melakukan modifikasi pada aktivitas sehari-hari yang sesuai, melakukan pengobatan menggunakan obat osteoarthritis seperti Glucosamine dan Chondroitin, menggunakan terapi alternatif, pemberian obat osteoarthritis seperti suntuk sendi dan yang paling serius adalah melakukan operaso pembedahan. Perjalanan dari penyakit osteoarthritis sendiri biasanya terdiri dari 4 stadium. Stadium yang pertama dan lebih awal adalah pada stadium 1 dan 2. Pengobatannya bisa dilakukan dengan cara bentuk penanganan secara umum atau juga pencegahan, misalnya adalah dengan pemberian obat osteoarthritis dan melakukan pembersihan sendi.

Selain itu salah satu jenis suplemen makanan yang banyak digunakan dalam terapi ini adalah seperti glucosamine dan chondroitin yang masing-masingnya memiliki fungsi untuk :

  1. Chondroitin sulfat bermanfaat untuk merangsang terjadinya perumbuhan pada tulang rawan dan juga membantu menghambat terjadinya kerusakan pada tulang rawan.
  2. Glucosamine merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk pembentukan proteoglycan, yang bermanfaat bisa membantu merangsang terjadinya pertumbuhan pada tulang rawan, serta bisa membantu menghambat terjadinya kerusakan pada tulang rawan.

Latihan Terapi Osteoarthritis


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Osteoarthritis dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Osteoarthritis and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *