Diagnosis Osteoartritis

Diagnosis Osteoartritis – Radang sendi atau arthritis adalah sakit pada persendian akibat peradangan atau kecelakaan. Penyakit ini menyerang orang yang berumur 25-50 tahun. Gejalanya sakit di sendi kaki, pergelangan tangan, sendi jari-jari, dan kadang timbul benjolan di siku dengkul atau persendian jari-jari.

Penyebab Arthritis

Ada banyak jenis radang sendi dan masing-masing memiliki penyebab yang berbeda. Penyebab umum arthritis antara lain:

Obesitas dan kelebihan berat badan
– Kondisi di usia sebelumnya
– Faktor keturunan
– Perubahan hormonal
– Perubahan cuaca
– Asam yang berlebihan di dalam tubuh
– Kekurangan zat gizi tertentu

Gejala Awal Arthritis

Berbagai gejala arthritis antara lain:

nyeri sendi
– Pembengkakan sendi
– Pembatasan gerakan
– Kekakuan sendi

Diagnosis Osteoartritis

Diagnosis Osteoartritis

Penyakit Osteoarthritis

Salah satu jenis penyakit nyeri sendi yang saat ini banyak dialami adalah penyakit osteoarthritis. Penyakit osteoarthritis adalah salah satu tipe yang paling umum dari penyakti nyeri sendi, dan kebanyakan dialami oleh orang yang sudah berusia lanjut. Kadang juga keadaan seperti ini disebut sebagai salah satu penyakit sendi degeneratif. Osteoarthritis adalah salah satu jenis gangguan pada sendi yang sifatnya adalah kronis dengan kerusakan yang terjadi dibagian tulang rawan sendi dalam bentuk disintegrasi dan terjadinya penulakan yang progresif, kemudian diikuti dengan terjadinya pertambahan pada pertumbuhan dibagian tulang rawan sendi yang disebut dengan osteofit dan kemudian diikuti dengan terjadinya fibrosis pada bagian kapsula sendi. Osteoarthritis merupakan salah satu jenis penyakit nyeri sendi yang paling umum dan jumlahnya sendiri sedikit melampaui jumlah dari pasien penyakit nyeri sendi atau arthritis.

Berdasarkan dari patogenesis osteoarthritis, penyakit ini dibedakan menjadi dua jenis yakni adalah osteoarthritis primer dan juga osteoarthritis sekunder. Penyakit osteoarthritis disebut dengan osteoarthritis idiopatik yakni adalah penyakit osteoarthritis dengan kausa yang masih belum diketahui serta tidak ada suatu hubungan dengan penyakit sistemik maupun terjadinya proses perubahan pada lokal dibagian sendi. Osteoarthritis sekunder adalah salah satu jenis penyakit osteoarthritis yang didasari dari adanya suatu kelainan pada endokrin, inflamasi, sistem metabolik, pertumbuhan, dan juga herediter, jejas dari mikro serta makro dan disertai dengan imobilisasi yang terjadi dengan jangka waktu terlalu lama.

Gejala utama yang muncul dari penyakit adalah pada bagian sendi yang mengalami serangan biasanya akan terasa sakit saat sedang bergerak. Dan hal ini umumnya muncul dengan perlahan, awalnya akan terasa kaku, kemudian akan disertai dengan rasa nyeri yang akan berkurang saat sedang istirahat. Adanya suatu hambatan yang terjadi pada gerakan sendi, misalnya adalah kaku di pagi hari, krepitasi, pembesaran sendi, dan perubahan pada gaya berjalan seseorang.

Seorang pasien yang secara klinis positif mengalami penyakit osteoarthritis ini bisa memenuhi paling tidak minimal 3-6 kriteria, yakni adalah usia diatas 50 tahun, kekakuan yang terjadi di pagi hari dan terjadi kurang dari 30 menit, krepitasi, nyeri disaat terjadi penekanan pada tulang, pembesaran pada tulang dan terjadi palpasi dibagian sendi yang tidak teraba hangat.

Pemeriksaan Osteoarthritis

Pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan lab. Namun hal ini kebanyakan tidak berguna. Pemeriksaan pada darah tepi dengan batas normal, terkecuali adalah pada osteoarthritis generalisata yang harusnya dibedakan pada penyakit arthritis peradangan. Dan selain itu juga pemeriksaan imunologi juga normal. Pada kasus penyakit osteoarthritis yang disertai dengan terjadinya peradangan, kemungkinan bsia didapatkan suatu penurunan pada viskositas, pleositosis yang ringan sampai kasus yang sedang, dan terjadinya peningkatan pada sel peradangan.

Diagnosis Osteoartritis di tegakkan dengan melihat gejala, melakukan pemeriksaan fisik, laboratorium, sinar X, analisis cairan sendi, dan MRI, atas indikasi tertentu. Diagnosis Osteoartritis dengan Pemeriksaan sinar X akan membantu memperlihatkan kehilangan tulang rawan sendi. Hal ini ditandai dengan menyempitnya ruang antara tulang pada sendi, juga bila terjadi pembentukan tulang baru. MRI untuk membantu menentukan penyebab nyeri, memberi gambaran detail dari tulang rawan sendi.

Diagnosis Osteoartritis dengan Tes darah akan membantu melihat penyebab lain dari nyeri sendi seperti asrtritis rematoid. Dan analisis cairan sendi, bisa diketahui bila ada peradangan dan bila nyeri disebabkan oleh penyakit asam urat atau infeksi. Setelah Diagnosis Osteoartritis ditegakkan, dokter dapat mengetahui kondisi osteoartritis yang dialami pasien. Baru kemudian ditentukan pilihan terapinya.

Penanganan osteoartritis dapat dilakukan dengan mempertahankan gerak dan kekuatan otot, mencegah beban berlebihan, mengatasi nyeri, modifikasi aktivitas, obat-obatan (medikamentosa), suntikan asam hyaluronat, maupun fisioterapi. Sementara pada stadium lanjut, osteoartritis dapat ditangani salah satunya dengan atroplasti atau penggantian permukaan sendi yang rusak dengan prostese.

Obat Osteoarhritis Herbal

Obat Osteoarhritis Pertama

Bahan-Bahan Obat Osteoarhritis :

– 10 gram tanaman jarong kering
– 6 gelas air

Cara Pemakaian Obat Osteoarhritis :

– Bahan di cuci bersih
– Lalu rebus dengan 6 gelas air hingga tersisa setengahnya
– Dinginkan, kemudian di saring
– Minum 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas

Obat Osteoarhritis Kedua

Bahan-Bahan Obat Osteoarhritis :

– 12 gram akar belimbing manis segar
– 600 cc arak

Cara Pemakaian Obat Osteoarhritis :

– Akar belimbing di cuci bersih
– Lalu dipotong seperlunya
– Kemudian masukkan ke dalam 600cc arak
– Tutup rapat lalu di simpan selama 7 hari
– Minum ramuan ini sehari 1 sloki

 Diagnosis Osteoartritis


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Osteoarthritis dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Osteoarthritis and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *