Cara Mengatasi Penyakit Osteoartritis

Cara Mengatasi Penyakit OsteoartritisPenyakit Osteoarthritis merupakan salah satu permasalahan sendi yang sering dijumpai pada semua usia, terutama pada usia lanjut. Pada dasarnya, oesteoarthritis adalah penyakit dimana terjadi kerusakan lapisan tulang rawan sendi, menipis, atau hilangnya dan hal ini akan menyebabkan gesekan antara permukaan sendi saat beraktivitas dan menyebabkan rasa sakit pada sendi.

Cara Mengatasi Penyakit Osteoartritis

Cara Mengatasi Penyakit Osteoartritis

Gejala Osteoarthritis

7 gejala osteoarthritis adalah :

  1. Perendian terasa kaki dan nyeri apabila digerakkan
  2. Terjadi pembengkakan atau juga peradangan pada persendian
  3. Persendian yang sakit berwarna kemerahan
  4. Kelelahan yang disertai dengan rasa sakit pada persendian
  5. Kesulitan menggunakan persendian
  6. Bunyi pada setiap persendian
  7. Perubahan bentuk tulang.

Cara Mengatasi Osteoarthritis

Beberapa teknik atau cara mengatasi penyakit oesteoartritis :

  1. Cara mengatasi penyakit tulang osteoarthritis dengan mengurangi gerakan atau aktivitas tertentu misalnya seperti berjalan dan berdiri lama, menurunkan berat badan.
  2. Obat anti nyeri untuk mengurangi rasa sakit dan glukosamin untuk mengubah struktur lapisan tulang rawan sendi, suntikan asam hyaluronac ke dalam sendi.
  3. Operasi
    Artoskopi
    Tindakan yang biasanya dilakukan untuk pasien pada stadium awal. Alat ini digunakan ntuk melihat langsun kerusakan sendi, dilakukan pembersihan atau debridement atau merapikan bantalan sendi yang rusak.Operasi Ganti Sendi (Total Joint Replacement)
    Operasi ganti sendi dilakukan agar pasien dapat melakukan aktivitas sehari-tanpa rasa nyeri.

Cara mengatasi penyakit osteoarthritis dengan melayani perbaikan dan perawatan tulang, misalnya seperti :

  1. Osteoartritis :
    – Arthroschopy/Teropong sendi
    – Arthroplasty/Operasi Ganti Sendi
  2. Osteoporosis (Tulang Keropos)
  3. Backpain (Sakit Punggung)
  4. Bone Fracture (Patah tulang)
    – Pen
    – Protesa
    – Gips
  5. Congenital Anomali (Kelainan Bawaan)
  6. Cedera Otot, urat dan saraf (Terjepit)

Penyakit Osteoarthritis

Penyakit osteoarthritis merupakan salah satu penyakit sendi yang sifatnyadegeneratif. Nyeri sendi ini biasanya ditandai dengan gejala tulang sendi rawan serta tulang yang berada dekat dengan posisinya kemudian munculnya pembentukan tulang baru dan juga jaringan lunak yang ada didalamnya. Penyakit osteoarthritis bisa terjadi pada pria yang usianya berada di bawah 45 tahun sedangkan pada wanita biasanya menyerang mereka yang sudah berusia diatas 55 tahun.

Penyebab dari penyakit osteoarthritis ini karena keturunan. Dan selain itu juga, suatu penelitian menunjukkan terdapatnya kaitan antara penyakit osteoarthritis dengan alergi dan infeksi yang terjadi yakni infeksi jamur. Mereka yang berprofesi dengan pekerjaan yang biasanya menyebabkan tulang mengalami penekanaan secara berulang dan berlebihan pada sendi juga mempunyai resiko dari terjadinya penyakit osteoarthritis ini muncul misalnya adalah pekerja tambang, supir bis, dan juga atlet. Cara mengobati penyakit osteoarthritis bisa dilakukan dengan terapi obat dan terapi non obat.

Cara mengobati penyakit osteoarthritis dengan terapi obat osteoarthritis dilakukan dengan salisilat pada dosis rendah sekitar 4-6 x 500 miligram dalam sehari. Namun efek samping yang ditimbulkan dari obat ini adalah tinnitus. Obat osteoarthtitis NSAIDSs misalnya sepeprti parasetamol. Dihydrocodein dan juga dextropropoxyphene.

Cara Mengobati Osteoarthritis

Cara mengobati penyakit osteoarthritis dengan gejala yang dirasa nyeri yang hebat, iasanya akan diberikan obat osteoarthtitis analgetik anti-inflamasi seperti aspirin dengan dosis tinggi sekitar 5 gram sehari, indometasin dosisnya adalah 3-4 x 25 mg dalam sehari, fenilbutason 3-4 x 100 mg sehari, asam mafenamat, flufenamik, ibuprofen, ketoprofen, ata naproksen.

Cara mengobati penyakit osteoarthritis dengan pemberian asam hialunrik dengan menyuntikkannya ke dalam sendi yang tidak merangsang dengan obat-obatan. Pemberian kortikosteroid dengan oral atau bisa juga dengan sistemik merpakan suatu bentuk kontraindikasi pada mereka yang menderita penyakit sendi degenerated, karena tulang akan mengalami pengeroposan. Diet suplemen juga bisa diberikan misalnya adalah glukosoamin dan kondroitin sulfat dengan tujuan untuk menambah batnalan sendi sehinga bisa membantu menghilangkan rasa sakit dan juga rasa sendi yang mempunyai fungsi menjadi lebih baik.

Nyeri sendi atau kerap disebut osteoartritis (OA) adalah penyakit sendi kronis yang ditandai dengan adanya kemunduran pada tulang rawan (kartilago) sendi dan tulang di dekatnya, yang bisa menyebabkan nyeri sendi dan kekakuan. Pada sendi, tulang rawan berperan sebagai lapisan yang membungkus tulang. Fungsinya meredam getaran akibat pergerakan antar tulang dan melindungi ujung tulang sehingga pergerakan sendi menjadi enak tanpa terjadi gesekan antartulang.

Pada penderita OA, tulang rawan dibagian sendi sudah dimulai aus dan pelumas pada persendian berkurang dan habis. Bagian sendi yang rentan terkena OA biasanya sendi lutut, jari-jari tangan, bahu, tulang belakang,dan lain-lain.

Hampir semua orang pernah mengalami nyeri pada persendian tetapi kebanyakan tidak mengetahui penbyebabnya. Sejumlah faktor yang menyebabkan nyeri sendi, antara lain usia, obesitas (kegemukan), cedera atau trauma pada saat olahraga (jatuh, keseleo dan hal lainnya), dan jenis kelamin.
Melihat banyaknya faktor yang menyebabkan nyeri pada sendi, sebaiknya kita lebih berhati-hati dan segera mencegahnya ketika merasakan nyeri pada persendian.

Kurangi resiko timbulnya nyeri sendi dengan minum nutrisi sendi dan tulang yang mengandung gelatin, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh persendian. Minum sesuai dosis yang dianjurkan hingga akan didapatkan manfaat yang lenbih baik.

Hal yang bisa dilakukan pada penyakit osteoarthritis adalah sebagai salah satu obat osteoarthritis alami dengan cara menjaga berat badan ideal. Hal ini merupakan salah satu hal yang sangat penting. Jika berat badan berlebih harus diturunkan sampai mendapatkan ukuran yang ideal. Dan berat badan yang berlebih akan memberikan tekanan atau beban pada sendi yang menopang tubuh sehingga akan membuat nyeri menjadi semakin parah.

Cara Mengatasi Penyakit Osteoartritis


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Osteoarthritis dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *